15 Anime Shounen Terbaik Dengan Cerita Seru & Menarik

Shounen adalah sebutan untuk anime atau manga yang dikhususkan bagi cowok remaja. Biasanya cerita yang diangkat adalah tentang kepahlawanan atau aksi, komedi, maupun percintaan.

Sejarahnya dimulai pada masa awal era Showa yaitu sekitar tahun 1950. Anime shounen berkebalikan dengan anime Shoujo yang diperuntukkan bagi remaja cewek.

Banyak sekali anime Shounen yang populer, mulai dari Dragon Ball hingga Attack on Titan. Nah, kali ini Animagz telah merangkum beberapa anime shounen terbaik sebagai berikut:

BACA JUGA: 15 Anime Sedih Terbaik Yang sangat Menyentuh Hati

Fullmetal Alchemist: Brotherhood

anime shounen

Fullmetal Alchemist: Brotherhood digadang-gadang sebagai anime shounen terbaik. Cerita science-fiction tentang dunia alkimia ini memang dibalut dengan kisah yang sangat mendalam dan cukup memorable.

Setelah eksperimen alkimia mengerikan, Edward dan Alphonse menghadapi kenyataan baru yang kelam. Mengabaikan prinsip alkimia yang melarang transmutasi manusia, mereka mencoba membangkitkan mendian sang ibu. Tetapi, ada imbalan yang harus mereka bayar.

Edward kehilangan anggota tubuhnya, sementara itu tubuh Alphonse hancur sebelum kemudian jiwanya dipindah ke baju zirah raksasa. Pasca peristiwa itu, mereka berdua pun memulai pencarian untuk memulihkan tubuh mereka lagi. 

Attack on Titan

anime shounen

Attack on Titan atau yang juga dikenal dengan nama Shingeki no Kyojin adalah anime shounen yang belakangan menjadi sangat populer di dunia. Ceritanya yang menyiratkan realitas sosial dan plot-twist membuatnya menarik perhatian banyak orang.

Kisah tentang dunia Titan atau raksasa ini berlatar belakang di masa lalu. Saat itu, umat manusia nyaris punah dibantai oleh makhluk humanoid bernama Titan. Untuk bersembunyi dari teror, manusia terpaksa hidup dibalik tembok yang sangat besar. 

Eren Yaeger adalah salah satu dari sekian orang yang hidup di dalam tembok. Setelah melihat kebrutalan Titan terhadap orang terdekatnya, Eren bergabung dengan Survey Corps, militer elit yang memerangi Titan.

Gintama

anime shounen

Berikutnya, sebuah anime shounen terbaik yang dibingkai dengan kisah komedi, Gintama. Gintoki Sakata, seorang pria berambut perak dengan sifat eksentrik.

Dia selalu membawa pedang kayu dan menjuluki dirinya sendiri sebagai seorang samurai, meskipun sebenarnya hal itu dilarang. Walaupun kenyataannya, tempat dia tinggal, Edo, adalah kota bagi samurai yang berambisi di seluruh negeri. Tapi, semua berubah setelah penyerahan kekuasan dari keshogunan kepada ras alien kuat bernama “Amanto”.

Sejak saat itu, pemerintahan boneka didirikan bersama dengan peraturan baru dimana semua pedang dilarang di depan umum. Meskipun begitu, Gintoki Sakata tetap bertekad membantu orang lain dengan pedangnya.

Haikyuu!!

anime shounen

Anime shounen terbaik dengan tema olahraga yang sudah tidak diragukan lagi adalah Haikyuu!!. Ceritanya yang padat, emosional, dan seru membuat Haikyuu!! digemari banyak orang.

Shouyou Hinata tertarik dengan olahraga voli sejak dia menyaksikan keterampilan “Little Giant” di lapangan voli. Dia pun memulai debutnya sebagai seorang pemain bola reguler selama SMP. Meskipun tinggi badannya di bawah rata-rata pemain voli lainnya, dia ingin membuktikan bahwa hal itu bukanlah kendala bagi tekadnya.

Selepas SMP dia masuk ke SMA Karasuno, almamater “Little Giant”. Dia percaya bahwa langkahnya semakin dekat dengan tujuannya menjadi pemain bola voli profesional. Perjalanan Shouyou pun dimulai.

One Piece

anime shounen

Siapa yang tidak tahu One Piece? Anime shounen terbaik ini selalu dinanti-nanti kisahnya setiap pekan. Bagaimana tidak? Ceritanya terus berlanjut hingga kini, dari sejak pertama dirilis di tahun 1999.

Sebuah kisah tentang  “One Piece”, harta karun di dunia fantasi bajak laut. Semuanya bermula sejak Gold. Roger sang “Raja Bajak Laut”, manusia terkuat yang pernah mengarungi Grand Line. Penangkapan dan eksekusinya oleh pemerintahan dunia justru menjadi cikal bakal era bajak laut. Kata-kata terakhirnya mengungkapkan keberadaan harta karun terbesar di dunia.

Salah satu dari orang yang terpanggil untuk menemukan harta karun itu ialah Luffy, dia berpetualang bersama krunya yang ditemuinya di sepanjang lautan.

Bakuman.

anime shounen

Bakuman adalah anime shounen terbaik selanjutnya yang menceritakan tentang kehidupan mangaka, seseorang yang berprofesi membuat manga.

Moritaka Mashiro, adalah seorang anak yang bermimpi menjadi manga seperti pamannya, Tarou Kawaguchi. Tetapi ketika sebuah tragedi menimpa hidupnya, dia menyerah pada mimpinya. Moritaka pun banting setir, menghabiskan hari-harinya di SMP untuk belajar dengan tujuan menjadi pegawai karir.

Sebelum akhirnya, teman sekelasnya, Akito Takagi, siswa berprestasi di sekolahnya yang juga seorang penulis, menyadari bakat menggambar Moritaka. Karena hal itu, Tarou pun mengajak Moritaka menjadi mangaka dengan iming-iming kepopuleran yang bisa didapat. 

GTO: Great Teacher Onizuka 

anime shounen

GTO: Great Teacher Onizuka adalah anime shounen terbaik yang juga mengusung genre komedi. Bagaimana tidak? Dari latar belakangnya saja kita pasti bisa menebak kisah anime ini bakalan sekonyol apa.

Ekichi Onizuka, adalah seorang mantan anggota geng yang agak pervert berusia 22 tahun. Selepas masa-masa mudanya dihabiskan di jalanan, dia tiba-tiba menjadi seorang guru. Sebenarnya tujuannya tidak lain adalah untuk menggaet wanita.

Tak disangka, karirnya menjadi guru ternyata penuh dengan rintangan. Muridnya pernah bersekongkol untuk mengeluarkan dirinya dari sekolah. Selain itu, dia juga bertemu dengan musuh lamanya, sesama mantang geng motor, yang tak lain adalah wakil kepala sekolah.

Hunter X Hunter

anime shounen

Anime shounen terbaik yang penuh dengan petualangan dan action ini bernama Hunter X Hunter. Anime ini berkisah tentang dunia fantasi yang isinya adalah para pemburu.

Mereka biasa mengabdikan diri demi menyelesaikan tugas-tugas berbahaya. Mulai dari melintasi wilayah dunia yang belum terpetakan hingga menemukan barang langka. Tentu saja, dalam setiap perjalanannya akan ditemui banyak monster mengerikan. Menjadi pemburu ternyata tidak mudah, sebelumnya seseorang harus lulus Ujian Pemburu.

Gin Freecss adalah salah satu dari sekian banyak orang yang berambisi menjadi pemburu. Tetapi, motifnya berbeda dari yang lain, dia hanya ingin bertemu ayahnya, Ging, yang juga adalah seorang pemburu.

The Disastrous Life of Saiki K.

anime shounen

The Disastrous Life of Saiki K. atau Saiki Kusuo no Ψ-nan adalah anime shounen dengan unsur komedi yang cukup kuat. Sesuai judulnya, tokoh utama dalam anime ini bernama Kusuo Saiki.

Dia memiliki kemampuan psikis atau supernatural. Mulai dari telepati hingga penglihatan x-ray. Meskipun diberkati dengan kekuatan, nyatanya, Saiki menganggap semua itu tidak ubahnya seperti kutukan belaka. Padahal dia cuma menginginkan kehidupan yang simpel, di mana ketidaktahuan adalah kebahagiaan.

Makanya dia mencoba merahasiakan kekuatannya dari teman-teman di kelasnya. Walaupun pada akhirnya dia tetap saja bersinggungan dengan karakter aneh seperti Riki Nendou maupun Shun Kaidou.

Your Lie In April

anime shounen

Shigatsu wa Kimi no Uso atau Your Lie in April adalah sebuah anime shounen yang memiliki tema romance. Menceritakan tentang kehidupan pianis bernama Kousei Arima. Dia adalah seorang pianis dengan bakat yang luar biasa.

Namun, semenjak mendiang ibunya, Saiki Arima wafat, dia merasa kehilangan bakat berpiano. Dia menjalani kehidupan biasa lepas dari dunia musik bersama dengan temannya Tsubaki Sawabe dan Ryouta Watari. Hingga suatu hari, dia bertemu pemain biola cantik Kaori Miyazono, yang membangkitkan dan membawa dirinya ke dalam dunia musik lagi.

Kousei menyadari bahwa musik bukan hanya soal memainkan nada, tetapi satu melodi bisa membawa sebuah perubahan di bulan April. 

JoJo’s Bizarre Adventure

anime shounen

JoJo’s Bizarre Adventure adalah sebuah anime shounen action adventure yang dibumbui dengan cerita jenaka khas. Serial anime ini memiliki cerita panjang yang rilis dalam beberapa babak.

Kisah awalnya bermula di tahun 1868, bangsawan Inggris George Joestar dan putranya Jonathan Joestar berhutang budi kepada Dario Brando dalam sebuah insiden kereta api. Tetapi, apa yang tidak keduanya sadari adalah bahwa aslinya Dario tidak berniat menolong mereka.

Setelah kematian Dario 12 tahun kemudian, George mengadopsi putranya, Dio sebagai bentuk balas jasanya. Setelah menjadi keluarga Joestar, diam-diam Dio berencana mencuri kekayaannya. Hingga Jonathan curiga sewaktu George jatuh sakit. 

BACA JUGA: 15 Anime Terbaik 2017 Yang Nggak Boleh Kamu Lewatkan

Nichijou – My Ordinary Life

anime shounen

Nichijou adalah anime shounen yang bercerita tentang kehidupan jenaka teman masa kecil gadis SMA yaitu Mio Naganohara, Yuuki Aioi, dan Mai Minakami.

Ceritanya berhubungan dengan kehidupan lain seorang intelektual bernama Hakase Shinonome bersama dengan robot penjaganya, Nano dan kucing mereka yang dapat bicara, Sakamoto. Keenam tokoh utama ini menjalani kehidupan normal yang absurd. Seperti saat Mio, Yuuki, dan Mai digigit burung gagak yang dapat berbicara saat mereka berangkat ke sekolah.

Ada juga momen saat mereka menonton kepala sekolah suplex, seekor rusa. Peristiwa ini merupakan hal normal yang dapat ditemukan dari kehidupan keenam karakter utama di anime Nichijou ini.  

Death Note

anime shounen

Anime shounen yang populer selanjutnya adalah Death Note. Sebuah anime yang bercerita tentang sebuah dunia yang dicemari dengan banyaknya tindak kejahatan. Sementara itu, sebuah dunia lain yakni alam dewa kematian terasa membosankan.

Light Yagami, siswa SMA berumur 17 tahun dan dewa kematian sadis, Ryuk meyakini bahwa dunia mereka sama-sama busuk. Ryuk yang bosan dengan alam dunia kematian iseng memberikan Death Note miliknya ke dunia manusia.

Light pun menemukan catatan tersebut yang menyadari sebuah hal konyol, siapa saja manusia yang namanya tertulis pada Death Note akan mati.

Tergoda dengan hal itu, dia pun menulis nama penjahat untuk membuktikan kebenarannya.

Dragon Ball

anime shounen

Gokuu Son adalah seorang anak laki-laki ajaib yang ditemukan oleh seorang gadis bernama Gulma hidup di hutan sendirian. Dia menemukan Gokuu saat sedang mencari benda ajaib yang disebut “Dragon Ball”. Artefak tersebut dipercaya bisa mengabulkan permintaan siapa saja yang berhasil mengumpulkan ketujuhnya.

Bulma ingin mencarinya dengan harapan bisa mendapat pacar idaman. Gokuu ternyata memiliki satu dari ketujuh artefak itu. Akhirnya keduanya sepakat untuk saling membantu dalam mencari Dragon Ball yang tersisa.

Dalam petualangannya, mereka bertemu Muten-Roshi dan calon muridnya, Kuririn. Itulah latar cerita salah satu anime shounen terbaik dan sekuel pertama dari serial anime Dragon Ball. 

Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba

anime shounen

Anime shounen terbaik yang saat ini juga sedang terkenal adalah Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba. Tanjirou Kamado adalah tokoh utama dalam anime ini.

Dia adalah seorang pemburu iblis yang ingin membalaskan dendam atas kematian keluarganya. Satu-satunya keluarga yang Tanjirou miliki adalah saudara perempuannya, Nezuko, yang telah berubah menjadi iblis. Untuk menuntaskan misi pribadinya, Tanjirou bergabung dengan kelompok misterius yang menamakan dirinya sebagai Demon Slayer Corps.

Bersama dengan Nezuko, Tanjirio ditugaskan untuk memburu iblis yang berkeliaran. Salah satu tugasnya membawa dirinya bertemu dengan Asakusa dan juga Muzan Kibutsuji, nenek moyang dari semua iblis.


Itulah beberapa anime shounen terbaik yang menawarkan keseruan aksi dan petualangan. Beberapa diantaranya dibalut dengan cerita komedi yang khas atau kisah romantis yang menyentuh.

Anime-anime terbaik shounen biasanya memang diangkat dari manga shounen. Biasanya manga shounen diterbitkan di majalah shounen mingguan atau bulanan di Jepang.

Tinggalkan komentar