15 Game PS2 Android Terbaik Yang Paling Sering Dimainkan

Sekarang banyak game-game bermunculan yang menawarkan grafik dan gameplay yang beragam. Sayangnya, game masa kini kebanyakan memiliki spek dan ukuran yang terlalu besar.

Nah, bagi kalian yang tidak punya cukup ruang di PC, ada baiknya kalian mainkan game-game nostalgia dari PlayStation 2. Meskipun grafiknya tidak sekeren game sekarang, tetapi banyak juga kok yang gameplay-nya tidak kalah seru.

Apalagi, game PS2 memang telah terbukti legendaris di banyak kalangan usia. Nah, berikut adalah daftar game PS2 android yang bisa kamu coba: 

God of War II

game ps2 android

God of War II adalah game PlayStation 2 (PS2) legendaris yang bergenre action-adventure hack and slash. Game ini dikembangkan oleh Santa Monica Studio dan merupakan rilisan resmi dari Sony Computer Entertainment (SCE).

God of War II hadir di PS 2 pada 13 Maret 2007 dan merupakan sekuel lanjutan dari God of War. Cerita dalam game ini didasarkan pada Mitologi Yunani, dengan karakter utama bernama Kratos yang ingin balas dendam kepada dewa lainnya.

Gameplay dari God of War II tidak jauh berbeda dari seri sebelumnya, yaitu pertarungan berbasis kombo dengan senjata utama Athena’s Blade. Pemain juga bisa mendapatkan senjata lain di sepanjang game ini. Ada juga elemen teka-teki dan platform.

Size ISO: 6.30 GB

Dragon Ball Z: Budokai 3

game ps2 android

Sekuel ketiga dari game eksklusif Dragon Ball Z untuk PS 2 ini dikembangkan oleh Dimps. Karakter yang ada di dalam game ini mencakup dari serial anime Dragon Ball, Dragon Ball Z, Dragon Ball GT, dan Dragon Ball Z Movies.

Selain mode battle fight, game ini juga punya story mode yang mengambil latar tempat di Dragon Universe. Pemain harus memilih salah satu dari sebelas karakter yang belum terbuka lalu berkeliling pada satu dari dua peta yang ada, yaitu Planet Bumi dan Planet Namek. Peristiwa seperti Saga Saiyan dan Kid Buu Saga ada dalam story mode-nya.

Sementara itu, dalam mode duel atau battle fight, pemain dapat bertarung melawan AI atau melawan pemain lainnya. Ada juga mode kustomisasi karakter.   

Size ISO: 1.46 GB

Grand Theft Auto: San Andreas

game ps2 android

Game PlayStation 2 legendaris dengan judul Grand Theft Auto: San Andreas atau GTA: SA ini dikembangkan oleh studio Rockstar North dengan mengusung genre action-adventure open world game.

Permainan ini sesuai dengan namanya berlatar belakang di negara bagian San Andreas dengan tiga kota utamanya. Mengambil waktu di akhir tahun 1992, GTA: SA mengikuti cerita seorang anggota geng jalanan bernama Carl “CJ” Johnson yang ingin menguak plot dibalik pembunuhan ibunya dan mengembangkan bisnisnya.

Selain menonjolkan sisi open world-nya gameplay dari GTA: SA berfokus pada elemen driving dan third-person shooter. Pemain bisa memilih misi utama pada main story atau misi sampingan.

Size ISO: 2.37 GB

Naruto: Ultimate Ninja

game ps2 android

Naruto: Ultimate Ninja atau dikenal di Jepang sebagai Naruto: Narutimate Series adalah seri video game fighting berdasarkan seri manga dan anime populer, Naruto. Game PS 2 ini dikembangkan oleh CyberConnect2 dan dirilis oleh Bandai Namco Games.

Naruto: Ultimate Ninja ini menyediakan beragam teknik dan jutsu khusus yang bisa diaktifkan selama fighting. Karakternya juga memiliki kemampuan yang berbeda-beda, selain itu pemain juga dapat menggunakan item seperti shuriken dan kunai.

Mode cerita dalam game ini memiliki gaya arcade yang terdiri dari beberapa Stage dari alam semesta Naruto. Ceritanya mengadopsi peristiwa dalam manga dan anime, termasuk invasi Konoha dan dari perspektif karakternya.

Size ISO: 1.17 GB

Need for Speed: Most Wanted

game ps2 android

Franchise Need for Speed (NFS) memang identik dengan game PS2, salah satu yang populer adalah Need for Speed: Most Wanted. Seri kesembilan dari franchise NFS ini dikembangkan oleh EA Canda dan EA Black Box yang dirilis eksklusif oleh Electronic Arts.

Game ini berfokus pada street racing yang mengambil tempat di sebuah kota fiksi bernama Rockport. Selain harus bersaing dengan pembalap jalanan lain dari 15 kota elit, keseruan dari NFS: Most Wanted juga karena melibatkan perseteruan dengan departemen kepolisian kota.

Game yang sukses terjual sebanyak 16 juta salinan di seluruh dunia ini memiliki mode balapan yang berbeda-beda, seperti point-to-point, checkpoint race, sprint, hingga drag race.

Size ISO: 2.65 GB

Metal Slug 3

game ps2 android

Metal Slug adalah seri game bergenre run and gun yang dikembangkan oleh studio SNK. Sebagai sekuel dari Metal Slug 2 / Metal Slug X, game ini dirilis pada tahun 2000.

Ada fitur baru yang disematkan dalam gameplay Metal Slug 3 seperti senjata dan kendaraan, serta alur cerita bercabang. Tetapi secara keseluruhan mekanisme game ini masih tidak jauh berbeda dari seri sebelumnya, dimana pemain harus menembak terus menerus pada tingkatan wave musuh. Setiap level akan ada peningkatan senjata dan kendaraan, seperti Tank SV-001.

Selain menembak, pemain juga bisa melakukan serangan jarak dekat dengan pisau atau tendangan. Bonus item dan senjata bisa diperoleh dari membebaskan tawanan. 

Size ISO: 0.93 GB

Digimon Rumble Arena

game ps2 android

Game bergenre fighting yang diangkat dari cerita anime bernama Digimon Rumble Arena ini dikembangkan oleh Banda dan Hudson Soft eksklusif untuk game PS2.

Game ini adalah bagian dari franchise Digimon yang menampilkan pertarungan monster antar pemain. Game yang mengedepankan elemen platform ini memiliki perspektif 2.5D dengan serangan satu tombol. Dalam mode single player, pemain akan mengontrol Digimon untuk menghadapi AI  dengan tingkat kesulitan berbeda dan membuka karakter baru dalam prosesnya.

Selain itu, dengan menyelesaikan misi akan terbuka tiga mini-game yang bisa dimainkan bersama AI atau dengan pemain lain, terdiri dari Target Games, Digivolce Race, dan Basketball Games.

Size ISO: 259.22 MB

BACA JUGA: 15 Game Anime PC Yang Wajib Coba Dengan Grafik Keren

Resident Evil 4

game ps2 android

Game PS2 legendaris yang mengangkat tema zombie-apocalyptic adalah Resident Evil 4. Game yang dikembangkan oleh Capcom Production Studio 4 dan dirilis oleh Capcom ini mengangkat genre survival third-person shooter.

Bermain sebagai protagonis bernama Leon S. Kennedy, pemain akan berfokus pada aksi dan tembak-menembak dengan elemen horor dan survival. Sebagai suksesor dari franchise Resident Evil sebelumnya, game ini memiliki peningkatan gameplay, seperti adanya fleksibilitas arah tembakan hingga interaksi dengan lingkungan.

Tidak seperti zombie pada umumnya, musuh dalam Resident Evil 4 ini dapat menghindar, menggunakan senjata, atau bekerja sama serta berkomunikasi satu sama lain.     

Size ISO: 3.01 GB

Black

game ps2 android

Black adalah game bergenre first-person shooter yang dikembangkan oleh Criterion Games dan dirilis oleh Electronic Arts sebagai game PS2 eksklusif. Game ini dikenal dengan aksi yang terinspirasi oleh nuansa film dengan kualitas suara dan efek destruktif yang memukau.

Ceritanya berfokus pada agen ops CIA bernama Jack Kellar di Chechnya, Rusia. Aspek gameplay dari game ini terbilang menantang, apalagi pemain hanya bisa membawa dua senjata saja. Oleh sebab itu, diperlukan strategi yang tepat untuk memilih senjata sesuai karakteristiknya.

Tapi, pemain juga bisa menggunakan granat dan ranjau untuk melakukan serangan area. Game ini berbasis misi dengan cutscene serta tingkat kesulitan bisa dipilih.  

Size ISO: 1.05 GB

Downhill Domination

game ps2 android

Game PS2 balapan yang juga banyak digunakan adalah Downhill Domination. Mengambil tema balapan sepeda, game ini dikembangkan oleh Incognito Entertainment dan dirilis oleh Sony Computer Entertainment serta Codemasters.

Ada tiga opsi permainan yang tersedia, yaitu single player, multiplayer, dan opsi permainan yang bisa dimodifikasi atau custom. Pada awal game, pemain hanya bisa memilih enam karakter dari beberapa karakter yang harus dibuka terlebih dahulu.

Jika berhasil menyelesaikan karir atau misi tertentu, pemain bisa membuka karakter lain, termasuk pembalap downhill profesional seperti Eric Carter, Tara Llanes, Brian Lopes, dan lainnya. Asiknya lagi, ada elemen combat di dalam game ini. 

Bully

game ps2 android

Bully adalah game mirip GTA yang juga berasal dari studio Rockstar Games. Game besutan Rockstar Vancouver ini bergenre action-adventure dan merupakan rilisan eksklusif untuk PS 2.

Menggunakan sudut pandang third-person game ini menceritakan seorang siswa remaja nakal bernama James “Jimmy” Hopkins yang tanpa sadar terdaftar di Akademi Bullworth. Pemain akan memerankan Jimmy dalam tujuannya agar populer di antara berbagai “circle” di sekolahnya.

Sebagai game open world, banyak hal yang banyak dilakukan, mulai dari bermain skateboard, skuter, sepeda, berenang, atau berkelahi dengan senjata seperti ketapel, papan kayu, petasan, dan lain-lain. Misi utama dan mini-game ada dalam game ini. 

Size ISO: 2.03 GB

BACA JUGA: 15 Game Open World Android Terbaik Dengan Cerita Seru

Tony Hawk’s Pro Skater 3

game ps2 android

Tony Hawk’s Pro Skater 3 adalah game skateboarding third-person yang ketiga dari serial game Tony Hawk. Game ini dikembangkan oleh Neversoft dan dirilis oleh Activision.

Sebagai game dengan peringkat tertinggi di situs Metacritic, game ini dianggap sebagai salah satu game terbaik sepanjang masa. Tony Hawk’s Pro Skater 3 mengenalkan revert, yaitu sebuah trik gabungan antara manual dan combo vert. Trik standar lain juga tak terlewat, seperti grab, flip, lip, atau grand tricks.

Game ini menjadi populer karena menjadi yang pertama kali dibekali fitur online di PS2. Ada karakter skateboarder profesional dalam game ini, serta karakter fiksi kolaborasi, seperti Darth Maul, Doomguy, dan juga Wolverine. 

Size ISO: 2.54 GB

Devil May Cry

game ps2 android

Game PS2 action-adventure hack and slash yang bercerita tentang invasi iblis ke bumi ini bernama Devil May Cry (DmC). Game yang dikembangkan oleh Capcom dan ini dibuat oleh sutradara game terkemuka, Hideki Kamiya.

Gameplay dari DmC terdiri dari adegan pertempuran dimana pemain harus menggabungkan serangan atau kombo. Selama permainan, skill yang ditingkatkan dan item yang dikumpulkan dapat memperkuat karakternya.

Tokoh utama dalam game ini bernama Dante yang juga hadir dalam sekuelnya di DmC 2: Dante dan DmC 3: Dante’s Awakening di platform PS2. Selain menawarkan pertarungan, DmC juga menampilkan elemen eksplorasi teka-teki untuk menyelesaikan misi.

Size ISO: 1.82 GB

Metal Gear Solid 3: Snake Eater

game ps2 android

Metal Gear Solid 3: Snake Eater adalah game PS 2 tahun 2004 yang dikembangkan oleh Konami Computer Entertainment Japan dan dirilis secara global oleh Konami.

Game yang disutradarai oleh Hideo Kojima ini merupakan sekuel kelima dari franchise Metal Gear Solid. Ceritanya berpusat pada operasi FOX dengan codename Naked Snake saat mencoba menyelamatkan ilmuwan roket asal Rusia, Nikolai Stepanovich Sokolov. Game yang berlatar belakang di perkotaan ini mengambil waktu di tahun 1960-an sebelum peristiwa Metal Gear.

Gameplay dari game ini tidak jauh berbeda dari permainan sebelumnya, dimana berfokus pada stealth action. Item diperlukan untuk menghindari konfrontasi langsung dengan musuh.

Size ISO: 2.94 GB

Ōkami

game ps2 android

Game berjudul Ōkami yang dalam bahasa Jepang berarti “roh agung” ini mengusung genre action-adventure. Game ini dikembangkan oleh Clover Studio dan dirilis oleh Capcom sebagai game PS2 eksklusif.

Berlatar belakang di era klasik Jepang, Ōkami mencampurkan mitologi dan cerita rakyat Jepang tentang bagaimana negeri itu diselamatkan oleh dewi matahari Shinto, Amaterasu. Bergaya visual ala lukisan sumi-e dan Celestial Brush dengan sentuhan animasi cel-shedad, game ini memberikan tampilan yang unik dan menawan.

Pemain mengontrol karakter utamanya dalam game berelemen aksi, platform, dan teka-teki. Pertarungan melawan musuh dilakukan dengan kombinasi senjata, skill, dan metode kuas. 

Size ISO: 2.86 GB

Game-game PS2 memang memiliki ukuran yang lebih ringan, bahkan jika dibandingkan dengan game Android di era sekarang. Untuk memainkannya kalian memerlukan emulator yang tepat.

Selain itu, akan lebih seru lagi jika kalian juga menggunakan joystick. Jadi, tunggu apalagi, bernostalgia dengan game PS 2 ini dijamin akan memberikan sensasi baru.

Tinggalkan komentar