15 Game Open World Android Terbaik Dengan Cerita Seru

Game open world memang selalu menjadi genre menarik yang tidak bisa ditinggalkan dari game. Selain karena memiliki keleluasaan dalam memainkan karakternya, game open world juga umumnya dibekali dengan pilihan beragam dan lingkungan yang menarik.

Jika dulu game open world hanya bisa ditemukan pada PC atau Console saja, maka seiring dengan kemajuan teknologi, Game open world juga kini telah hadir di perangkat genggam.

Nah, apa saja kah Game open world android yang paling terkenal? simak ulasannya berikut ini: 

Genshin Impact

game open world android

Genshin Impact adalah sebuah game open world android paling terkenal, terutama karena grafis visualnya yang memukau. Mengusung genre free-to-play RPG, game besutan dari studio MiHoYo ini dirilis pada 28 September 2020 di platform Android.

Sebagai game open world, pemain dapat dengan bebas mengeksplorasi peta pada benua Teyvat mulai dari memanjat, berenang, terbang, dan meluncur. Saat bertarung, pemain dapat mengendalikan tim yang terdiri dari 4 karakter hingga 30 karakter seiring dengan jalannya cerita.

Setiap karakter memiliki dua jenis kemampuan elemental, yaitu elemental skill dan elemental burst. Menariknya lagi, ada banyak point of interest yang tersebar luas di dunia Genshin Impact.

Minecraft

game open world android

Minecraft adalah game open world android yang populer di semua kalangan. Banyak konten game ini beredar luas di internet, terlebih fitur sandbox yang diusung memungkinkan pemain berkreativitas tanpa batas.

Game ini dikembangkan oleh Mojang Studios dan dirilis secara resmi pada November 2011. Dunia 3D kotak-kotak adalah tampilan khas yang ada di dalam Minecraft.

Meskipun tampilannya terkesan basic, tetapi ada banyak mode game yang bisa dimainkan, seperti mode bertahan hidup, mode kreatif, dan adanya mod yang bisa dipakai untuk membuat mekanisme baru, item, adds-ons, serta aset alur permainan baru. Berkat hal itu lah Minecraft berhasil terjual lebih dari 238 kali dengan lebih dari 140 juta pemain aktif.

ARK: Survival Evolved

game open world android

Bagi penggemar dinosaurus, maka game open world android ARK: Survival Evolved atau ARK adalah pilihan yang tepat. Mengangkat genre action-adventure survival game, ARK dikembangkan oleh Studio Wildcard dan dirilis pada 14 Juni 2018 di platform android.

Agar bisa bertahan hidup di dunia ARK, pemain harus membangun base dan mengumpulkan resources, selain itu aktivitas lainnya termasuk melatih dan memberi makan dinosaurus.

Pemain juga bisa menggunakan perspektif first-person maupun third-person. Ada 176 makhluk yang mendiami dunia ARK, seperti dinosaurus dan hewan prehistorik, makhluk mitologi, hingga makhluk robotik. Ada juga mode PvE dimana pemain akan saling bertarung.

Sky: Children of Light

game open world android

Sky: Children of Light atau disingkat Sky adalah game open world android dengan genre indie adventure yang dikembangkan oleh Thatgamecompany. Game yang pertama kali rilis di platform iOS ini kemudian dirilis juga di android pada 7 April 2020.

Di dunia Sky, pemain akan menjelajah kerajaan yang dulunya makmur dengan jugah yang memberi kemampuan untuk terbang. Fokus utama dalam Sky sebenarnya adalah interaksi sosial antar pemain satu dan yang lain. Makanya ada banyak item yang bisa dikoleksi, seperti jubah, topeng, gaya rambut, pakaian, alat musik, ekspresi, dan lainnya.

Pemain pun dapat saling berkirim hadiah dan mengobrol. Setiap musim, Sky akan menambahkan area serta gameplay baru.

BACA JUGA: 15 Game Anime PC Yang Wajib Coba Dengan Grafik Keren

Crashlands

game open world android

Game open world android besutan studio Butterscotch Shenanigans ini berjudul Crashlands yang mengusung genre action-adventure RPG. Crashlands dirilis ke android pada Januari 2016 silam. Tokoh utama pada game ini bernama Flux Dabes, seorang pengemudi truk pengirim paket antar galaksi.

Suatu saat dalam perjalanan, Flux Dabes diserang oleh alien dan membuatnya terdampar di planet asing bernama Woanope. Pemain akan ditugaskan untuk mencari cara mendapatkan kembali semua paket dan menyelesaikan tugas dari Flux.

Game ini memiliki elemen survival dan crafting yang masif, tetapi mudah diikuti. Setiap musuh yang dihadapi memiliki pola serangan masing-masing serta ada bos yang menanti.

Grand Theft Auto: San Andreas / GTA SA

game open world android

Barangkali Grand Theft Auto: San Andreas atau GTA SA adalah game open world android paling legendaris. Game besutan Rockstar North yang dirilis oleh Rockstar Games ini mulai dikenal pertama kali dari platform PlayStation 2.

Bermain sebagai anggota geng bernama CJ yang pindah ke Los Santos dari Liberty City, pemain akan membongkar dalang dibalik pembunuhan ibunya. GTA SA dikenal dengan elemen driving, third-person shooter, dan fitur RPG unik lain seperti modifikasi mobil, personalisasi karakter, dan lainnya.

Selain mengikuti misi utama dalam main story, game ini juga memiliki side story yang berisi misi sampingan. Cerita dalam GTA SA ini merupakan kelanjutan dari versi GTA sebelumnya yaitu Vice City.

Stardew Valley

game open world android

Game open world android selanjutnya yang berjudul Stardew Valley ini mengangkat elemen simulasi pertanian dan peternakan. Eric Barone, merupakan orang yang secara swadaya mengembangkan game ini dan merilisnya di android pada 26 Februari 2016.

Game ini memang terinspirasi dari Harvest Moon yang ada di platform PlayStation 1. Tak heran jika pemain akan berperan sebagai seorang petani dan peternak di sebuah ladang warisan dari kakeknya.

Selain itu, banyak fitur yang mirip seperti pembuatan karakter, interaksi dengan NPC, memancing, memasak, menjelajah goa untuk mengumpulkan mineral, menjual hasil pertanian dan yang lain. Berbeda dari Harvest Moon, game ini dibekali dengan fitur crafting.

Goat Simulator

game open world android

Goat Simulator adalah game open world android yang nyeleneh, pemain akan berperan sebagai kambing yang bertujuan untuk membuat kerusakan sebanyak mungkin.

Berbekal elemen third-person, game ini awalnya dikembangkan sebagai sebuah prototype lelucon, terutama dari banyaknya glicth yang ada di dalam game. Tetapi, justru kehadiran bug dalam game ini yang membuatnya asik dan menghibur. Goat Simulator dikembangkan oleh Coffee Stain Studios dan rilis pertama kali di android pada September 2014.

Gameplay dalam game ini sebenarnya mirip dengan game skateboard seperti Tony Hawk’s Pro Skater. Jadi, agar bisa menghasilkan poin, pemain harus melakukan trik atau melakukan gerakan combo.

Second Galaxy

game open world android

Second Galaxy adalah game open world android selanjutnya yang mengambil tema ruang angkasa dan eksplorasi bintang.

Game ini dikembangkan oleh ZilongGames dan dirilis pada 10 September 2019. Ceritanya berlatar belakang di masa depan, di mana saat itu manusia berhasil menjelajah ruang angkasa yang dikenal dengan nama “Second Galaxy”. Pemain bisa memainkan lima fraksi berbeda yang masing-masing memiliki kapal ruang angkasanya dengan jenis senjata, komponen, dan amunisi yang bisa dikustomisasi.

Selain itu, Second Galaxy berisi hampir 5.000 bintang, planet, satelit, worm hole, dan benda langit lainnya. Selain menjelajah, pemain akan membentuk aliansi dan bertarung dengan pemain lainnya.

BACA JUGA: 15 Game PS2 Android Terbaik Yang Paling Sering Dimainkan

Frostborn: Coop Survival / Axe of Valhalla

game open world android

Frostborn: Coop Survival atau dikenal dengan nama Axe of Valhalla adalah game open world android dari studio Kefir!. Menggabungkan game fantasi dengan tema apokaliptik, game ini berhasil mengusung genre MMORPG dengan elemen survival dan civilization.

Pemain akan berperan dengan karakter untuk menyelamatkan dunia dari murka Hel, dewi kematian dalam mitologi Nordik. Pemain bisa melakukan kustomisasi karakter di awal game, seperti termasuk mengatur role yang akan dipilih, seperti fighter, archer, atau healer.

Seiring bertambahnya level, pemain dapat memilih subclass karakter seperti menjadi berserker atau shaman. Sementara itu, senjata bisa didapatkan dari toko atau dengan melakukan crafting

Wilderless

game open world android

Sesuai dengan namanya, Wilderless adalah game open world android yang memberikan pengalaman bermain di tengah alam liar. Permainan yang mengusung genre RPG ini dikembangkan oleh Robert Kabwe dan diterbitkan oleh Protopop pada November 2019.

Bisa dibilang jika Wilderless adalah sebuah “hidden gem” karena memiliki pengalaman bermain unik yang beda dari yang lain. Apalagi, visual yang dihadirkan juga terlihat memukau. Game ini memberikan kesempatan bagi pemainnya untuk benar-benar mengeksplorasi dunianya, tanpa musuh, quest, misi, atau semacamnya.

Tetapi, pemain bisa membangun rumah, berkuda, atau sekedar menikmati pemandangan. Cocok untuk bersantai dan melepas penat.

The Legend of Neverland

game open world android

Sempat mendapat reputasi buruk sebagai plagiat Genshin Impact, game dengan nama The Legend of Neverland sebenarnya adalah suksesor dari Mabinogi Fantasy Life. Game open world android dengan genre MMORPG ini dikembangkan oleh GameArk Studio.

Sebagai sebuah penerus game pendahulunya, The Legend of Neverland berhasil meningkatkan segi grafis, mekanik, dan eksplorasi permainannya. Seperti game MMORPG pada umumnya, sistem dungeon juga diberlakukan pada game ini.

Gameplay game ini sebenarnya tidak lebih ekstensif dibandingkan Genshin Impact, karena lebih mengedepankan fitur auto. Satu hal yang menarik dari game ini adalah karena ukurannya yang ringan, hanya sekitar 1,4 GB. 

LifeAfter

game open world android

Salah satu game open world android dengan elemen survival bertema zombie-apocalyptic adalah LifeAfter. Game besutan studio NetEase ini telah diunduh lebih dari 200 juta orang. Memasuki season ketiganya, LifeAfter menghadirkan fitur unik berupa Seamless Map.

Pada map terbarunya, pemain dapat mengeksplorasi dunia AfterLife mulai dari kota di gurun pasir hingga gunung berapi. Tak ketinggalan, ada kendaraan yang dapat digunakan pemain untuk berpindah tempat.

Fitur lain yang ditambahkan dalam game ini adalah Structure System di mana pemain bisa membuat struktur bangunan untuk membantu dirinya dan pemain lain bertahan hidup. Tak hanya itu, pemain juga bisa melakukan kustomisasi pada karakternya. 

Baldur’s Gate: Enhanced Edition

game open world android

Baldur’s Gate: Enhanced Edition adalah game open world android bergenre RPG dengan lokasi di dunia Forgotten Realms Dungeons & Dragons. Baldur’s Gate telah memiliki dua seri, yang dikenal sebagai Bhaalspawn Saga dan Dark Alliance.

Kedua serinya sebagian besar terjadi di Western Heartlands serta mencakup Amn dan Tethyr. Seri Enhanced Edition dari game ini dikembangkan oleh Overhaul Games dan dirilis pada 28 November 2012. Ada beberapa fitur yang ditambahkan, seperti Black Pits, yaitu mode gladiator dengan 15 level musuh.

Selain itu, ada tiga Hero baru yaitu Neera, Dorn Il-Khan, dan Rasaad yn Bashir. Alhasil Baldur’s Gate: Enhanced Edition merupakan peningkatan dari seri asli permainan ini.

Don’t Starve: Pocket Edition

game open world android

Don’t Starve adalah game open world android yang juga mengusung elemen survival. Game yang dikembangkan oleh studion indie Kanada, Klei Entertainment, ini rilis di android pada 20 Oktober 2016.

Dibekali dengan fitur day and night cycle menyebabkan gameplay dari Don’t Starve harus menyesuaikan dengan pola waktu yang ada. Misalnya, di siang hari, pemain bisa melakukan eksplorasi dan mengumpulkan resources yang diperlukan. Ketika malam tiba, pemain harus menghindari dari serangan Charlie, sosok monster tak terlihat.

Selain itu, tingkat survivabilitas pada game bergenre action-adventure ini terbagi menjadi 3 kategori, yaitu rasa lapar, kewarasan, dan health. Ceritanya kental akan humor dan horror.

Banyak kan? Kalian bisa langsung memainkannya dengan menginstall terlebih dulu di Google Play Store. Apalagi banyak dari game open world di Android ini gratis loh. Jadi tunggu apalagi, segera mainkan game open world ini bersama dengan teman dan bestie-mu.

Tinggalkan komentar

X CLOSE
Advertisements
X CLOSE
Advertisements