Mengenal Dewa Matahari Jepang Amaterasu

Hal-hal tentang Jepang memang selalu menarik perhatian. Bagi kamu yang sudah tentang Jepang dan segala seluk-beluknya, maka harus tahu juga tentang dewa yang ada di Jepang.

Dewa Matahari Jepang merupakan salah satu yang harus diketahui karena tergolong sebagai legenda yang ada di Jepang.

Jika kamu mendalami tentang Dewa Matahari Jepang, maka kamu akan tahu silsilah keluarganya juga. Apabila kamu tertarik, semua poin ini akan penting untuk dipahami. Untuk itu, simak semua penjabaran yang ada di bawah ini.

Siapa Dewa Matahari?

Tahukah kamu? Dewa Matahari Jepang merupakan satu tokoh yang berperan penting dalam sejarah Jepang. Amaterasu yang berarti “bersinar di surga” merupakan nama Dewa Matahari Jepang yang sampai saat ini diyakini sebagai dewa matahari dan dewa alam semesta. Hal ini juga didasari pada kepercayaan Jepang yang menganut agama Shinto.

Kisah-kisah Amaterasu ini merupakan tonggak utama dari legenda yang ada di Jepang. Bahkan, berbagai kisah, legenda, film, dan hal lainya mengacu pada tokoh Amaterasu ini. Bahkan dalam perkembangan sejarah Jepang pun, tokoh ini menjadi salah satu komponen yang paling krusial dan mencolok dalam kepercayaan masyarakatnya.

Berdasarkan sejarah, Dewa Matahari Jepang ini pertama muncul dalam Kojiki dan Nihon Shoki yang berisi tentang mitologi Jepang. Dalam catatan ini, segala hubungan Amaterasu sudah tercatat. Baik perjalanan hidupnya, silsilah keluarga, hingga persaingan yang tercipta di antara saudara yang berkaitan dengannya.

Kisah dari Amaterasu juga banyak tercatat dalam sejarah. Salah satunya adalah kisah yang saat dirinya berada di dalam goa pasca konflik dengan saudaranya. Cerita ini menjadi yang masih terkenal hingga saat ini. Bagi rakyat Jepang, tokoh ini tentunya menjadi salah satu yang penting bagi kelangsungan sejarah Jepang itu sendiri.

Tokoh Amaterasu ini bukan hanya muncul dalam sejarah atau buku catatan saja. Saat ini, banyak film Jepang yang memasukkan tokoh ini dalam serialnya. Misalnya serial Naruto yang mengaitkan tokoh ini dengan ceritanya. Selain itu, dalam beberapa jenis anime juga ada kisah Amaterasu sebagai bagian ceritanya.

Baca juga: Perbedaan Waktu Indonesia dan Jepang

Keluarga Dewa Matahari

Berdasarkan sejarah, Amaterasu juga memiliki keluarga yang sudah tercatat menjadi sebuah legenda. Dalam catatan sejarah, Dewa Matahari Jepang yang bernama Amaterasu ini memiliki adik yang bernama Tsukuyomi (Dewa Bulan) dan Susanoo (Dewa Badai dan Laut). Adanya saudara ini bukan berarti tidak ada persaingan di dalamnya.

Tiga dewa ini terbentuk dari kisah lain yang dimulai oleh Izanagi dan Izanami. Sejarah percaya, bahwa dua tokoh ini merupakan orang tua dari Amaterasu dan para saudaranya. Mereka lahir dari ritual suci yang dilakukan oleh ayahnya saat tidak berhasil menyelamatkan ibunya. Kisah ini juga sangat terkenal.

Hal ini juga sudah dikatakan dan dituliskan dalam sejarah. Amaterasu memiliki persaingan dengan kedua adiknya. Dari persaingan itu, terjadilah pertukaran barang untuk melahirkan dewa yang baru. Amaterasu melahirkan tiga dewi setelah mendapat pedang dari Susanoo. Cerita ini tentunya tidak sampai di sini saja.

Amaterasu ternyata juga memiliki satu cucu yang kemudian diberi tugas tersendiri oleh Amaterasu. Nama dari cucu tersebut adalah Ninigi, anak laki-laki dari Ame-no-Oshihomimi-no-Mikoto. Tugas yang diberikan Dewa Matahari Jepang kepada cucunya ini tidaklah mudah, yaitu untuk turun ke Bumi dan menjalankan beberapa tugas.

Dengan demikian, bisa dipahami bahwa Amaterasu memiliki saudara, anak, bahkan cucu yang kemudian diberi tugas besar. Semua poin ini juga sudah ada dalam sejarah dan penting untuk kamu pahami.

Tinggalkan komentar

X CLOSE
Advertisements
X CLOSE
Advertisements