Berapa Selisih Perbedaan Waktu Indonesia dan Jepang?

perbedaan waktu indonesia dan jepang

Perbedaan waktu sangatlah umum terjadi antar wilayah atau negara. Indonesia saja memiliki tiga pembagian waktu yang berbeda.

Salah satu contoh perbedaan waktu antar negara yang unik adalah antara Indonesia dan Jepang. Perbedaan waktu Indonesia dan Jepang bisa dikatakan sangat unik karena beberapa sebab.

Keunikan ini tentunya akan menjadi informasi tambahan bagi yang sedang mendalami tentang Jepang. Bagi kamu yang menyukai Jepang atau akan pergi ke Jepang, tentu harus memahami hal ini juga.

Penasaran berapa selisih perbedaan waktu Indonesia dan Jepang? Simak ulasan berikut ini secara mendalam:

Berapa Selisih Perbedaan Waktu Indonesia dan Jepang?

Perbedaan waktu Indonesia dan Jepang sebenarnya tidaklah besar. Jumlah perbedaan yang sering dipakai adalah dua jam antara Tokyo dan Jakarta. Nilai perbedaan inilah yang paling sering dipakai karena acuan utama adalah Jakarta sebagai ibu kota Indonesia. Namun sebenarnya, hal ini tidak terjadi di seluruh wilayah Indonesia.

Seperti yang sudah dipahami bersama, Indonesia terbagi menjadi tiga wilayah berbeda. Antara Jepang dan Jakarta yang khususnya WIB, maka perbedaan waktunya sebesar 2 jam. Namun untuk kawasan WITA, maka perbedaan dengan Jepang hanyalah satu jam. Sedangkan untuk kamu yang ada di bagian WIT, maka tidak ada perbedaan dengan jam di Jepang.

Jadi bagi kamu yang bingung menghitung jam berapa di jepang, maka mengacu saja pada jam bagian WIT yang ada di Indonesia. Hal ini dikarenakan waktunya sama dan tidak ada perbedaan sama sekali. Jika disimulasikan dengan waktu jakarta atau WIB, maka perhitungannya dua jam lebih dahulu untuk Jepang.

Apabila di Jakarta atau WIB menunjukkan jam 9 pagi, maka di Jepang menunjukkan jam 7 pagi. Jadi jangan sampai salah perhitungan. Jepang 2 jam lebih dulu dari pada Indonesia bagian barat (WIB). Sedangkan untuk bagian timur, tidak ada perbedaan atau sama dan hal ini bisa kau buktikan sendiri dengan berbagai cara.

Kenapa Perbedaan Jam Indonesia Jepang Dikatakan Unik?

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, perbedaan waktu Indonesia dan Jepang bisa dikatakan unik. Hal ini tentunya didasari oleh beberapa sebab. Faktor sebab yang ada ini bisa berasal dari keterkaitan antara Jepang dan Indonesia, atau karena sejarah masing-masing negara. Bagi kamu yang sedang mendalami Jepang, maka harus tahu juga tentang hal ini.

Perbedaan yang ada ini juga sangat mencolok. Jika dikaitkan dengan perbedaan waktu dan sistemnya ini, maka sejarah penentuannya juga memiliki pengaruh yang besar. Semua ini sangat penting diketahui dan akan dibahas secara mendalam pada kesempatan kali ini. Untuk uraiannya, simak daftar di bawah ini:

Baca juga: Siapa Dewa Matahari Jepang?

1. Indonesia Memiliki Tiga Perbedaan Waktu, Jepang Hanya Satu

Alasan kenapa perbedaan waktu Indonesia dan Jepang bisa dikatakan unik adalah karena pembagian waktu atau zonanya. Indonesia sebagai negara kepulauan, tentunya memiliki area yang luas. Sehingga, pembagian zonanya dibagi menjadi tiga bagian yaitu WIT, WITA, dan WIB dengan sistem UCT + 7.

Sedangkan di Jepang, ukuran negara yang lebih kecil tentunya memudahkan pembagian zonanya. Indonesia memiliki tiga zona berbeda, sedangkan Jepang hanya memiliki satu zona yang biasa disebut dengan JST dan memakai sistem UCT + 9. Dengan faktor inilah, perbedaan waktu Indonesia dan Jepang bisa dikatakan unik.

Dengan adanya fakta ini, maka bisa disimpulkan jika Indonesia memiliki wilayah waktu yang sama dan tidak sama dengan Jepang. Hal ini bisa dikatakan unik karena kamu yang tinggal di Jakarta, akan menghitung berbeda dengan yang ada di papua. Hal ini merupakan hal unik karena berbeda dengan kebanyakan negara lainnya.

2. Penetapan Waktu Jepang Pernah Terjadi Perubahan

Jika di Indonesia, waktu dan pembagian zonanya sudah diatur sedemikian rupa seperti yang sudah dibahas sebelumnya. Hal ini juga sudah dipatenkan dan membuat peraturan waktu di Indonesia tidak ada perubahan. Namun, hal ini berbeda dengan di Jepang yang pernah mengubah acuan waktu yang dipakai.

Awalnya, Jepang memakai acuan jam besar yang ada di observatorium Prefektur Hyogo. Namun, jam ini sempat rusak dan runtuh akibat gempa bumi tahun 1995. Hal ini menyebabkan Jepang tidak bisa lagi memakai jam ini dan harus meletakkan jam di Planetarium. Sedangkan untuk sistem waktunya, akhirnya diubah menjadi yang baru.

Dengan adanya perbedaan sejarah ini, maka bisa disimpulkan jika Jepang pernah mengubah sistem waktu yang dipakai. Sedangkan Indonesia tidak pernah mengubahnya. Hal ini menjadi poin unik tersendiri dibanding penentuan waktu yang lainnya. Perbedaan sejarah ini tentunya juga memiliki pengaruh besar terhadap perbedaan waktu yang ada saat ini.

Ulasan mengenai perbedaan waktu Indonesia dan Jepang di atas tentunya tidak bisa disepelekan. Setiap poin tentunya sangat penting dan harus dipahami dengan baik. Dengan memahami semua poin yang ada di atas, maka kamu bisa memanfaatkannya saat akan pergi ke Jepang. Mengetahui perbedaan waktu yang ada sangatlah penting. Maka dari itu harus paham seluk-beluknya.

Tinggalkan komentar

X CLOSE
Advertisements
X CLOSE
Advertisements