Mau ke Jepang? Cek Dulu Syarat Apply Visa Jepang Berikut Ini

syarat apply visa jepang

Saat akan membuat visa, maka poin terpenting yang harus diperhatikan adalah syaratnya. Begitu juga saat akan membuat visa Jepang. Syarat apply visa Jepang sendiri terdiri dari berbagai poin dokumen yang penting untuk dipenuhi. Jika satu saja kurang, maka proses pembuatannya akan terhambat dan akan berpengaruh untuk kelanjutannya.

Hal ini tentunya harus kamu pahami dengan baik agar tidak ada kesalahan saat akan mengurusnya. Pada kesempatan kali ini, kami akan menjelaskan komponen syarat yang ada beserta cara mengurusnya visa Jepang. Simak semua syarat apply visa Jepang ini dan cara mengurusnya yang benar:

Syarat Membuat Visa Jepang

Secara umum, ada beberapa syarat apply visa Jepang yang harus dilengkapi. setiap poin syarat yang ada tidak boleh terlewat. Hal ini sudah menjadi ketentuan dari pihak Kedutaan Jepang selaku pihak berwenang. Untuk melengkapinya, maka harus tahu urutan syaratnya. Simak daftar yang ada di sini untuk mengetahuinya:

  • Paspor yang masih aktif masa berlakunya.
  • Formulir permohonan pembuatan visa yang sudah diisi. Untuk mendapatkan formulir ini, maka bisa mengunduh di situs Kedutaan Jepang.
  • Siapkan foto yang komponen ukurannya dengan detail 4,5 x 4,5 cm. Detail hasil foto ini harus diambil paling tidak 6 bulan sebelum pengajuan visa. Hasil foto juga harus jelas dan bukan editan.
  • Salinan KTP dan kartu mahasiswa (jika berstatus mahasiswa).
  • Bukti pembelian tiket untuk berangkat dan pulang.
  • Semua jadwal yang akan dilakukan selama berada di Jepang.
  • Jika yang membuat visa lebih dari satu orang dalam satu pengajuan, maka harus melampirkan salinan akta lahir, KK, dan yang lain sebagainya.
  • Salinan rekening koran selama tiga bulan ke belakang.
  • Salinan yang tergolong dalam pembiayaan yang sudah dikeluarkan untuk perjalanan ke Jepang.

Semua komponen syarat apply visa Jepang ini memang sangat banyak. Semua ini dibutuhkan oleh pihak kedutaan untuk berbagai hal yang berkaitan dengan pengurusan visa. Bagi kamu yang akan mengurus dokumen syarat ini, maka harus disiapkan sejak jauh hari dan jangan terlalu mepet dengan tanggal pemberangkatan.

Jika terlalu mepet dengan tanggal berangkat dan ternyata ada dokumen yang kurang lengkap, maka proses pembuatan visa akan terhambat. Secara otomatis, proses keberangkatan juga akan terganggu atau batal. Maka dari itu, pastikan untuk menyiapkan semua dokumen yang diperlukan dengan baik tanpa ada yang terlewat.

Cara Mengurus Visa Jepang

Selain mengetahui apa saja syarat apply visa Jepang, maka harus tahu juga tentang cara mengurusnya. Semua poin pengurusan ini juga harus dilakukan sedetail mungkin hingga benar. Agar tidak ada yang salah dalam pengurusan, maka pastikan untuk mengikuti langkah yang ada di bawah bagian ini dengan benar:

1. Siapkan Berkas dengan Baik

Langkah paling dasar yang harus dilakukan adalah mengumpulkan berkas dengan baik dalam satu file. Semua poin syarat ini jangan sampai dibuat dengan terpisah. Sebelum mengajukannya, pastikan untuk menjadikan satu semua file. Urutan file juga sangat penting. Maka dari itu, perhatikan juga aturan dari Kedutaan Jepang terbaru untuk urutan berkasnya.

2. Buat Janji Temu

Bagi yang berdomisili di Jakarta dan akan melakukan proses pengajuan, maka buat janji temu terlebih dahulu dengan pihak JVAC. Proses pembuatan janji temu ini bisa dilakukan secara online. Namun jika tidak berdomisili di Jakarta, maka tidak perlu membuat janji temu terlebih dahulu dan bisa langsung datang ke kantor terkait.

3. Datangi JVAC atau Konsulat Jenderal Jepang

Jika sudah membuat janji temu, datangi saja JVAC dengan membawa syarat apply visa Jepang secara lengkap khusus untuk wilayah Jakarta. Jika domisili di luar Jakarta, maka bisa langsung datang ke Konsulat Jenderal Jepang. Jangan lupa juga membawa syarat apply visa Jepang berdasarkan daftar yang ada di atas.

Baca juga: Biaya Hidup di Jepang

Biaya dan Waktu Pengurusan

Untuk mengurus syarat apply visa Jepang sendiri biasanya membutuhkan biaya. Misalnya untuk menyalin beberapa dokumen penting. Sedangkan untuk pengurusan visa di kantor terkait, maka biaya yang dibutuhkan mulai dari 90 sampai 770 ribu rupiah. Nominalnya memang bervariasi sesuai dengan daftar berikut:

  • Multiple entry visa harus membayar biaya 770 ribu rupiah.
  • Single entry visa harus membayar 380 ribu rupiah.
  • Transit visa harus membayar 90 ribu rupiah.

Dengan adanya daftar biaya ini, maka bisa dikalkulasi sendiri berapa keseluruhan biaya yang kamu butuhkan. Belum lagi biaya transportasi yang pasti dikeluarkan untuk mengurus segala pengajuan. Sedangkan untuk waktu penyelesaiannya sendiri biasanya sekitar 4 hari kerja. Namun jika ada kendala, maka bisa lebih dari itu.

Daftar syarat apply visa Jepang di atas tentunya sangat penting untuk diketahui. Selain Syarat apply visa Jepang, cara pengajuan dan berapa biaya yang harus dikeluarkan juga penting untuk diketahui. Semua penjelasan di atas harus kamu pahami dengan baik sebelum melakukan proses pengajuannya secara langsung.

Tinggalkan komentar

X CLOSE
Advertisements
X CLOSE
Advertisements